Monday, August 3, 2009

rambur rasulullah s.a.w

" Rambut Rasulullah bergelombang, tidak keriting dan tidak lurus, diantara kedua telinga dan pundaknya" (Bukhari dan Muslim)

Dari Abu Hurairah ra, Nabi saw bersabda, "Barangsiapa yang memiliki rambut, hendaknya ia memuliakannya." (HR. Abu Dawud)
Hadits ini merupakan dalil anjuran untuk menghormati rambut dengan minyak dan menyisir serta membiarkannya tumbuh.

Mengenai memanjangkan rambut(gondrong),
Wa'il bin Hujr ra berkata, "Aku pernah menemui Nabi saw dan aku memiliki rambut yang panjang. Tatkala melihatku, beliau bersabda,'kesialan,kesialan.'Ia berkata,'Lalu aku pulang dan memotongnya, kemudian aku mendatangi beliau di keesokan harinya, maka beliau bersabda,'Sesungguhnya aku tidak bermaksud jelek kepadamu, dan ini lebih baik'." (HR. Abu Dawud, an-Nasa'i dan Ibnu Majah)

No comments: